KABID HUMAS POLDA JABAR : MENGENAL OPERASIONAL KEPOLISIAN

Jabar – BPKP NEWS.COM

Telah dilaksanakan kegiatan Hallo Polisi di salah satu radio ternama di Kota Bandung, bersama pemandu acara penyiar radio Sdri.Yani Sosiani dengan narasumber AKBP Aprianto Suseno, S.I.K. (Kabagbinops Roops Polda Jabar), Kamis (7/10/2021).

Disampaikan oleh AKBP Aprianto Suseno, S.I.K., bahwa Fungsi dari opersional Polri, yaitu membina serta memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang mantap dan dinamis, sehingga mampu memberikan suasana yang kondusif. Menangkal, mencegah dan menanggulangi berbagai bentuk ancaman Kamdagri, Menyiapkan dan memelihara segenap kekuatan dan potensi Kamtibmas.

Adapun sasaran operasional yaitu mempertahankan situasi kamdagri yang mantab dan terkendali, Pulihnya situasi Kambtibmas yang terganggu, Terlaksananya pelayanan polri terhadap masyarakat dengan baik,
Mengubah situasi yang sebelum nya tidak kondusif menjadi kondusif serta
Terciptanya harapan masyarakat terhadap Polri sebagai pelindung, pengayom serta pelayan masyarakat.

Menurut Narasumber bentuk operasional Polri adalah
kegiatan kepolisian dam operasi kepolisian, sedangkan jenisnya adalah deteksi intelijen, yaitu operasional polri yang diarahkan untuk mendeteksi berbagai kerawanan

pre-emtif, yaitu opersional Polri yang bersifat penangkalan,pembinaan, serta membimbing masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh berbagai ancaman. Mewujudkan kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan stabilitas Kamdagri.

Preventif, yaitu opersional untuk mencegah dan mengeliminir berkembang dan berubahnya PG menjadi AG, kemudian pengeakan hukum, yaitu operasional polri yang bersifat penindakan serta pemulihan,yaitu opersional polri yang memulihkan kondisi yang berimplikasi kontinjensi menjadi keadaan yang normal/biasa.

Narasumber menjelaskan bahwa Organisasi operasional Polri, merupakan upaya penyusunan kekuatan personel, logistik, anggaran atau keuangan sedangkan Syarat operasional Polri, harus memiliki, Sasaran, Cara Berindak, Kekuatan personel, Pengendalian

AKBP.Aprianto mengungkapkan prinsip operasional Polri, meliputi Integratif, Koordinatif, Proporsional, Transparan dan Akuntabel.

“Asas operasional Polri, meliputi asas mengutamakan pencegahan, Asas keterpaduan, Asas efektif dan efisian serta
Asas proaktif.” tutup Narasumber.

(Jurnal Polri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.