KPAI Dorong Lingkungan Yang Aman Untuk Anak dari Covid-19 di Era Pandemi

ilustrasi (foto : Suara.com)

JAKARTA — bpkp news.com

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong agar lingkungan di sekitar anak menciptakan keamanan pada anak di era pandemi. Saat ini, vaksinasi pada anak masih digencarkan namun belum semua anak bisa divaksin.

“Untuk anak-anak yang belum dapat divaksin, maka pilihannya adalah berada dalam keluarga yang sangat memperhatikan protokol kesehatan, disiplin, dan peduli kepada kondisi anak mereka,” kata Komisioner KPAI, Jasra Putra, Kamis (22/7).

Menurutnya, orang tua berperan penting untuk menanamkan konsep protokol kesehatan pada anak. Meskipun di rumah, protokol kesehatan tetap harus menjadi hal utama yang dilakukan. Jasra menilai, perlu ada mekanisme saling mengingatkan di tengah ruang keluarga.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat kesepakatan bersama sehingga anak bisa diajak aktif menegakkan aturan itu. “Terkait mobilitas, pendidikan, olahraga, bermain, ibadah, dan asupan makanan yang perlu diperhatikan secara khusus. Karena mereka belum semua dapat vaksin, inilah yang akan menjaga imunitas mereka,” lanjut dia.

Seperti yang sering dianjurkan para dokter, lanjut Jasra, untuk anak anak yang belum bisa divaksin bisa menjaga imun dengan berjemur. Waktu berjemur yang dianjurkan adalah pagi hari pada pukul 08.00 sampai pukul 10.00.

Proses berjemur bisa berlangsung selama 15-20 menit. “Karena terbukti vitamin D sinar matahari dapat meningkatkan imunitas anak,” kata dia lagi.

Lebih lanjut, KPAI mengajak guru, sekolah, orang tua, serta anak di sela belajar di rumah melakukan gerakan kepedulian dan keberpihakan bersama. Kegiatan berjemur bisa disertai olah raga ringan atau membuat tema senam anak menjadi gerakan edukasi bersama.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.