Jokowi Tempatkan Megawati di Dewan Pengarah BRIN, PDIP Respont positif

PDIP menilai tepat keputusan Presiden Jokowi melalui Perpres menempatkan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri sebagai ketua dewan pengarah BRIN.

Jakarta — BPKP NEWS.COM 

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menilai tepat keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menempatkan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Riset dan inovasi harus digerakkan oleh ideologi bangsa agar Indonesia benar-benar berdaulat, berdikari, dan bangga dengan jati diri kebudayaannya. BRIN adalah babak baru bagi kemajuan Indonesia Raya,” kata Hasto melalui keterangan tertulis, Senin (3/5).


Kata Hasto, Megawati adalah ketua umum parpol paling konsisten menyuarakan pentingnya inovasi dan riset demi kemajuan bangsa. Bahkan kata dia, Mega adalah sosok penggagas awal BRIN terbentuk.

“Beliau juga penggagas awal dari BRIN, dengan mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar BRIN hadir menjabarkan politik Indonesia Berdikari, dengan memfokuskan diri pada penelitian untuk manusia Indonesia, flora, fauna dan teknologi itu sendiri. Semua dibumikan bagi tanah air Indonesia,” kata Hasto.

Hasto mengatakan partainya mendukung penuh keputusan Jokowi menempatkan Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai infrastruktur kemajuan bangsa. Apalagi kata dia hal ini dilakukan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menempatkan riset dan inovasi sebagai pilar Indonesia Berdikari.

“Para pendiri bangsa seperti Bung Karno dan Bung Hatta merupakan sosok pemimpin negarawan dan sekaligus pembelajar yang baik,” kata dia.

“Semua menempatkan konsep kemajuan Indonesia melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para pendiri bangsa kental dengan tradisi sebagai pembelajar yang baik yang kedepankan riset dan Inovasi,” jelasnya.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko sebelumnya telah mengonfirmasi petinggi BPIP bakal mengisi Dewan Pengarah BRIN.

“Ya karena yang menaungi ideologi dan haluan negara siapa? Ya BPIP. Saat ini loh ya. Sebagai lembaga loh ya. Bukan masalah orangnya, tapi kan Undang-Undang menyatakan begitu ya. Kemudian lembaga yang menaungi siapa? Ya BPIP, berarti BPIP,” kata Handoko ketika ditanya terkait dengan apakah Ketua Dewan Pengarah BPIP akan menjadi dewan pengarah BRIN, Jumat (30/4).

Meski demikian Handoko mengelak mengomentari kabar Megawati akan menduduki jabatan Ketua Dewan Pengarah BRIN. Ia beralasan masih menunggu Perpres.

“Sebenarnya begini, kalau saya ingin menunggu Perpresnya kan sudah ada, tapi masih proses masuk lembar berita negara. Jadi, saya ingin menunggu detailnya sebenarnya. Meskipun garis besarnya kita sudah tahu akan ada dewan pengarah dan sebagainya, gitu,” ucap Handoko. (CNN/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.