Warga Desa Bajo Apresiasi Peran Bhabinkamtibmas Perangi COVID-19

REDAKSI | 31 Maret 2020

SANANA, BPKP NEWS – Dalam rangka memerangi dan mencegah penyebaran pendemi virus Corona (Covid-19), Bhabinkamtibmas Desa Bajo Polsek Sanana Polres Kabupaten Kepulauan Sula (Kapsul) Provinsi Maluku Utara (Malut), Bripka Suherman Umar mengkoordinir warga binanaannya untuk berperan aktif memutus rantai penularan Covid-19.

Salah satu langkah yang di tempuh yaitu dengan cara penyemprotan desinfektan ke tempat-tempat umum seperti Kantor Desa, Mesjid, Pasar, Pelabuhan dan pemukiman warga Desa Bajo, Minggu (29\03\2020).

Bhabinkamtibmas Desa Bajo, Bripka Suherman Umar mengatakan bersinergi bersama Warga untuk bersama-sama bergotong royong, membersihkan lingkungan dan melakukan penyemprotan disinfektan.

“Kegiatan ini sebagai langkah nyata, upaya pencegahan dari penyebaran virus corona atau covid-19 yang sudah menjadi pandemi global. Kita bersihkan dan memberikan cairan disinfektan pada semua tempat umum yang fital dan lingkungan warga, agar masyarakat juga dapat merasa aman dan nyaman,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan itu dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Polri, dalam melindungi warganya. Hal itu bertujuan agar tidak ada warga yang terjangkit virus corona.

”Ini sebagai wujud nyata kami untuk masyarakat dalam melindungi maupun mengayomi,” jelasnya.

Beberapa hari sebelum dilakukan penyemprotan, Herman terlebih dahulu menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas berupa Maklumat KAPOLRI Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Yakni, masyarakat tidak perlu panik, serta harus mengikuti imbauan pemerintah agar melakukan social distancing atau menjaga jarak dan tetap berdiam diri di rumah.

”Jaga kebersihan lingkungan sekitar, perbanyak diam di ru¬mah, mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Dan jangan lupa lakukan proteksi diri, kerap cuci tangan dengan sabun, konsumsi gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup, berpikir positif dengan mengelola tingkat stres guna memutus mata rantai penyebaran virus ini” tambah Herman.

Saat di konfimasi secara terpisah kepada salah satu Warga Desa Bajo yang juga Kapasitasnya sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Sula, Fahmin Daiyan, SH, membenarkan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas bersama warga untuk mendukung pencegahan penyebaran wabah virus corona (covid-19).

Fahmin menjelaskan, sebagai warga desa bajo dan sebagai pimpinan organisasi kepemudaan di Kab. Kepulauan Sula, ia memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas langkah bijak yang diambil oleh Bhabinkamtibmas dalam mengkoordinir warga untuk mengambil langkah bersama-sama memerangi penyebaran virus corona atau covid-19 dengan cara bergotong royong secara suwadaya melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan pemukiman warga.

“sebagai warga desa bajo dan atas nama ketua DPD KNPI Kepulauan Sula saya mengucapkan terima kasih banyak dan memberikan apresiasi kepada Pak Bhabin Bang Herman atas kepeduiannya kepada kami warga desa bajo dan atas langkah postifnya yang mengkoordinir warga untuk bersama-sama memerangi penyebaran virus corona”, ungkapnya, senin, (30/3).

Lanjut fahmin, atas nama Ketua DPD KNPI Kepulauan Sula ia menyesalkan sikap Pj. Kepala Desa Bajo yang acuh, pasif dan mengabaikan Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“saya sangat menyesalkan sikap Pj. Kades Bajo yang acuh, pasif dan mengabaikan SE Menteri Desa Nomor 8 tahun 2020, pada hal dalam SE itu suda sangat jelas bahwa pemerintah desa harus melaksanakan Desa Tanggap Covid-19 dengan membentuk relawan desa lawan covid-19 yang melibatkan Kades dan perangkatnya, Ketua dan Anggota BPD, Kapala Dusun, Ketua RT/RW, PLD, PPKH, Pendamping Desa Sehat, Bidan Desa, Tokoh Agama, Tokoh, Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Karang Taruna, PKK, KPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Pendamping Desa dengan tugas-tugas relawan desa lawan covid-19 sebagaimana yang telah dijelaskan dalam SE itu. Namun, sangat di sayangkan karena Pj. Kades Bajo tidak melaksanakan sebagaimana yg dijelaskan dalam SE tersebut, untuk itu saya meminta dan mendesak Bupati Kepulauan Sula agar dapat mengevaluasi kinerja Pj. Kades Bajo yang terkesan cuek dan pasif dalam hal pencegahan virus corona (covid-19)” tutupnya.(DI/FARI)

Sumber : Detik indonesia 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.