GENERASI MUDA BANGKIT LAWAN VIRUS COVID-19 – Inisiasi Karang Taruna Laskar Biru melakukan sterilisasi lingkungan.

Foto : BPKP NEWS

REDAKSI – 24 Maret 2020

BANDUNG, BPKP NEWS – Menyikapi Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/Kep.189-Hukham/2020 tentang status keadaan tertentu bencana wabah penyakit akibat Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Jawa Barat berlaku sampai tanggal 29 Mei 2020, Karang Taruna Laskar Biru mengambil langkah cepat untuk segera melakukan aksi nyata pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut dengan cara melakukan sosialisasi secara masive kepada warga di lingkungan RW.27 Komplek Permata Biru, Desa Cinunuk, Kabupaten Bandung serta melakukan sterilisasi melalui penyemprotan disinsfektan ke seluruh rumah dan fasilitas sosial yang berada di komplek tersebut.

Dikatakan Nandang Noor RH, salah satu pembina karang taruna laskar biru dalam acara program sterilisasi lingkungan yang di gelar, Selasa (24/03/2020), bahwa menyikapi terbatasnya program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan permukiman penduduk, maka sebagai masyarakat yang diwakili oleh generasi muda tidak boleh tinggal diam untuk membantu memutus rantai penyebaran virus secara mandiri dan segera melindungi warga masyarakat komplek yang terdiri dari 680 KK atau sekira 2.720 orang penduduk. Generasi muda jangan pernah ketinggalan mengambil celah positif untuk bisa berbuat banyak dalam isu sosial dan kemanusiaan di masyarakat.

“Bagaimanapun sangat penting untuk melindungi keluarga dan lingkungan terdekat dulu dari ancaman penyebaran virus Covid-19 ini. Apalagi saat ini kita sedang menghadapi ancaman virus yang tidak jelas keberadaan dan cara penyebarannya. Sehingga sangat penting berikhtiar melakukan aksi nyata perlindungan masyarakat dan mendorong mereka untuk mampu melindungi dirinya sendiri,” terang Nandang didampingi Evi dari Sinergy For Humanity.

Ketua Karang Taruna, Adit, memberi apresiasi kepada timnya karena telah bekerjasama secara aktif memberikan manfaat kepada masyarakat luas dalam aksi kemanusiaan.

“Bangga kepada teman-teman karena telah mengorbankan waktu dan tenaganya untuk turut melawan virus covid-19 ini secara bersama-sama, kuat menahan panas berkeliling ke 680 KK, mensterilkan rumah mereka serta memberikan penyuluhan terkait langkah-langkah praktis yang harus dilakukan dalam mencegah penyebaran virus tersebu,” jelas Adit.

Lanjut Adit kepada sergap reborn, “kegiatan melakukan penyemprotan disinsfektan kepada seluruh warga komplek ini telah memberikan pengalaman besar dalam hidup saya. Setelah kurang lebih delapan jam memakai pakaian safety,menggunakan helmet, kacamata safety, masker, sepatu boot, sembari menenteng alat penyemprot disinsfektan serta berjalan cukup jauh mengitari area satu komplek perumahan, dengan bercucuran keringat, bahkan saat hujan pun harus kuat menuntaskan tugas kami, disitu saya bisa merasakan betapa beratnya pekerjaan para tenaga kesehatan yang langsung berhadapan dengan penderita Covid-19”.

“Kini kami generasi muda yang berada di barisan belakang sangat menghargai para pejuang kesehatan yang telah berani mengorbankan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan para korban yang terpapar virus Covid-19,” tandas adit.

Wakil Ketua Karang Taruna, Rizky, memberikan apresiasi kepada Sinergy For Humanity dari Sinergy Foundation, CV.Naoki Naratama dan Pengurus RW.27 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang telah mendukung inisiasi generasi muda untuk bankit melawan covid-19.

“Kami juga mendukung kegiatan yang telah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Manggala Garuda Putih DPP, Badan Penanggulangan Bencana MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Jawa Barat yang telah mengisi ruang peran di daerah untuk bersama-sama melawan Covid-19. Kami generasi muda Laskar Biru siap bangkit melawan Covid-19. Kami siap untuk selamat,”tegas Rizky.

3 thoughts on “GENERASI MUDA BANGKIT LAWAN VIRUS COVID-19 – Inisiasi Karang Taruna Laskar Biru melakukan sterilisasi lingkungan.

  1. Ping-balik: link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.