Acara Penyuluhan Siap Siaga Selamat Darurat 72 Jam di Sinopsis Creative Place – Cimahi dibatalkan dengan Pertimbangan arahan Walikota Cimahi

Foto : BPKP NEWS

REDAKSI | 24 Maret 2020

BPKP NEWS – Setelah dengan resmi membatalkan acara penyuluhan Siap Siaga Selamat Darurat Bencana 72 Jam di Sinopsis Creative Place – Cimahi dengan pertimbangan arahan Walikota Cimahi per tanggal 22 Maret 2020, sekaligus menindaklanjuti maklumat dari Kepolisian RI, Badan Penanggulangan Bencana MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat langsung mengadakan rapat koodinasi lintas unsur pentahelix dengan menggunakan sarana Video Conference Call dan disikapi langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana DPP Manggala Garuda Putih yang juga didukung penggunaan alat oleh Pemuda Tanggap Bencana (PETA) DPW KNPI JABAR dan Komando Inti Mahatidana MPC Pemuda Pancasila Kota Bandung.

Giat kali ini untuk membantu pihak yang berwenang memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Bandung untuk tidak melakukan kegiatan dan berkumpul di tempat umum. Kami ingin agar masyarakat mengerti tentang himbauan dan maklumat yang kemudian diharapkan tidak ada masyarakat yang harus dibubarkan secara paksa oleh kepolisian. Ujar Kang Rezal Walyan sebagai Ketua Badan Penanggulangan Bencana MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat.

Manggala Garuda Putih melalui Badan Penanggulangan Bencana DPP yang langsung dikomandoi oleh Kang Cakra sebagai Ketua, bertugas membuat rencana rute yang akan di lalui. Zero Car dipacu ke arah Kecamatan Sukajadi dan ditemukan banyak masyarakat berkumpul tanpa mengindahkan jarak sosial ataupun masker dan sebagainya, begitu juga di daerah Sukamulya. Seputaran daerah Braga sebagai pusatnya Kota Bandung memang terlihat sudah “steril”, dan kami berkesempatan bersilahturahim dengan Bapak-Bapak Polisi yang berjaga di Pos Braga. Imbuh Kang Cakra

Secara keseluruhan, memang untuk jalan jalan utama sudah dapat dikatakan cukup baik karena dari jam 8 di mulai hingga jam 12 malam memang jarang ditemukan masa yang berkumpul, namun demikian di sayap-sayap jalan utama masih banyak yang “nongkrong”. Semoga Kepolisian Kota Bandung juga dapat menyisir hingga ke “pinggiran” nanti malam. Harap Kang Rezal saat sejenak beristirahat menikmati secangkir cappuccino hangat di Gedogan Coffee & Tea Jl Seram Bandung.

Saya dapat info yang belum sempat saya konfirmasi, tapi katanya Ketua Karang Taruna dan Ketua KNPI bersama Polsek Kiaracondong akan mengadakan giat sosialisasi keliling di Kiaracondong, saya berharap besok dapat dilibatkan juga seluruh Ormas/LSM setingkat Kecamatan sebagai wujud gotong royong cegah corona sekaligus pemersatu dalam hal mitigasi bencana sosial yang juga menjadi salah satu jenis bencana sesuai Undang-Undang Kebencanaan No 24 Tahun 2007. Tambah Kang Cakra sekaligus menutup wawancara.


( mulyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.