KOTI KOTA BANDUNG MENGGELAR LATIHAN UNIT TANGGAP DARURAT BERBASIS MASYARAKAT

Foto : BPKP NEWS

Bandung, BPKP NEWS – Minggu (08/03/20) Dago 37 sebagai Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Kota Bandung yang biasanya lengang dihari minggu, kali ini ramai disambangi anggota Pemuda Pancasila dari beberapa Kecamatan. Bertindak sebagai pemimpin acara latihan ini, Komandan Rescue mengatakan bahwa “giat hari ini atas perintah DanKoti juga atas seijin Ketua MPC guna menindaklanjuti ToT CERT (Community Emergency Response Team) yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat bersama Medicuss Foundation”, ujar pria tangguh yang lebih dikenal dengan panggilan “Bang Alfon”.

Kang Rezal heran sekaligus apresiasi, walau belum sepenuhnya teraplikasikan, tapi Tim CERT Koti Bandung sangat cepat melakukan singkronisasi Penanganan COVID-19 Untuk Protokol Di Area Piblik termasuk Protokol Penyelenggaraan Acara Berskala Besar. Memang acara latihan hari ini kategorinya skala kecil, namun Kebersihan Area & Fasilitas, petugas piket menanyakan kesehatan kepada peserta yang sedang mengisi absensi (mungkin karena tidak memiliki alat deteksi suhu tubuh), melobby agar Zero Car difungsikan menjadi Pos Kesehatan dan Sarana Isolasi Darurat, menyiapkan satu unit kendaraan multi fungsi yang bertugas mengantar langsung ke RS Hasan Sadikin sebagai rumah sakit rujukan jika ada yang sakit pada acara ini, mereka juga mepersiapkan fasilitas cuci tangan yang cukup baik dengan dengan alat seadanya lengkap dengan sabun anti bakteri. Semua itu merujuk pada protokol resmi yang dirilis pemerintah. “Saya takjub sama si Alfon itu”, ujar Ketua BPB MPW Pemuda Pancasila Jabar.

Sebagai pengulangan, Ketua BPB DPP Manggala Garuda Putih, Kang Cakra memberikan ulasan balik mengenai tupoksiran CERT kepada para peserta, disambung dengan acara demo enam modul FIRST RESPONDER yang diperagakan oleh Tim CERT Angkatan Pertama ini.

Informasi yang berhasil dihimpun tim reporter, bahwa dalam waktu dekat akan digelar pelatihan khusus untuk CERT di seluruh PAC setingkat kecamatan di Kota Bandung. Kemudian modul mitigasi & kesiapsiagaan dalam kebencanaan sudah dimasukan dalam mata acara DIKLAT KOTI yang akan digelar di Cikole Lembang sebagai komitmen MPC Kota Bandung pasca pelantikan yang baru saja minggu lalu dilaksanakan. Bravo Koti Kota Bandung. (atar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.