TransNusa Buka Tiga Rute Baru dari Husein Sastranegara, Yana Berharap Mendongkrak Wisata Bandung

PERESMIAN tiga rute maskapai TransNusa.

Bandung (BPKP NEWS) – Maskapai TransNusa membuka tiga rute penerbangan domestik baru dari Bandara Husein Sastranegara.

Langkah ini diproyeksikan mampu mendongkrak kembali sektor pariwisata Kota Bandung yang sempat menurun, terkait pemindahan jalur penerbangan beberapa waktu silam.

“Kemarin jujur dengan adanya beberapa perpindahan penerbangan ke Kertajati, dampaknya pariwisata Bandung turun,” ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, saat “inaugural flight” TransNusa di Bandara Husein Sastranegara, Rabu, 22 Januari 2020.

Hadir dalam kesempatan tersebut General Manager Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman, Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto, serta sejumlah tamu undangan lain.

Kegiatan ini merupakan peresmian dibukanya tiga rute penerbangan baru oleh maskapai TransNusa dari dan menuju Bandung, terhubung dengan Yogyakarta, Semarang serta Lampung.


TransNusa akan beroperasi di Bandara Husein Sastranegara (BDO) untuk rute Bandung, Bandara Udara Internasional Radin Inten II (TKG) untuk rute Bandar Lampung, Bandar Udara Internasional Ahmad Yani (SRG) untuk rute Semarang, serta Bandara Internasional Adisutjipto (JOG) untuk rute Yogyakarta.

Rute tersebut dilayani dengan menggunakan armada jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 72 orang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Yana menuturkan, selama ini Bandung dikenal sebagai salah satu destinasi wisata, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dikalahkannya, salah satu kunci untuk menghidupkan sektor pariwisata adalah akses yang bisa memudahkan wisatawan untuk datang, termasuk lewat jalur udara.

“Secara potensi, pariwisata di Kota Bandung ini konten dan potensinya besar, yang sekarang dibutuhkan adalah kemudahan akses,” katanya.

Selain dari sisi pariwisata, sektor usaha atau bisnis juga akan terdampak oleh kemudahan akses yang dimaksud.

“Pembukaan rute-rute baru ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan dan para pengusaha ke Kota Bandung dan sekitarnya. Semoga dengan pembukaan rute ini dapat memperluas konektivitas di Pulau Jawa serta meningkatkan industri pariwisata domestik dan menggaet traveler millennial, juga para pebisnis,” katanya.

Hal senada dikemukakan Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto. Pembukaan rute baru ini membidik segmen pasar yang cenderung beragam, dengan sejumlah target potensial, di antaranya wisatawan, pebisnis, serta pelajar atau mahasiswa.

Hal itu berkaitan juga dengan e-commerce yang cenderung meningkat. Layanan kargo dapat mempermudah pengiriman barang dari dan menuju Bandung.

“Semoga dengan dibukanya rute tersebut dapat meningkatkan aktivitas perekonomian dan mempermudah masyarakat untuk bepergian¬† antardaerah,” katanya.

(red)

Sumber : Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.