Gus Shiva’ul Haq “Panorama Islam Indonesia Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Diukir Dan Dilestarikan Oleh Kaum Santri Yang Cinta Damai”

Jawa Tengah.BPKP NEWS – HSN diperingati tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015, mengambil momen resolusi jihad yang difatwakan KH Hasyim Asy’ari dari Pesantren Tebu Ireng, Jombang, yang menjadi motor penggerak perlawanan rakyat melawan penjajah Belanda.

Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober, menjadi momentum membangun optimisme santri Indonesia menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai keberagamaan dan kebangsaan.

Hal ini disampaikan oleh Moh Ahwani, S.Pd, salah satu narasumber Sarasehan Santri Nusantara yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang Ipnu Ippnu Kecamatan Trangkil, di Pendopo Desa Kertomulyo Trangkil Pati, Minggu (27/10).

Dengan mengusung tema peran santri dalam membangun moral generasi bangsa di era global, dalam sambutannya, M Taufiq Ushuluddin selaku ketua PAC Ipnu Trangkil menegaskan, tema ini diangkat dalam rangka menggalakkan kembali syiar-syiar agama yang santun dan damai, sebab belakangan ini terjadi penyimpangan dakwah dan cenderung menyebarkan provokasi dan ujaran kebencian.

Gus Shiva’ul Haq yang juga merupakan salah satu narasumber juga menyampaikan bahwasanya pesantren adalah center of excellent yang menjadi pusat pendidikan, keagamaan, dan kebangsaan. Ia optimis bahwa santri Indonesia dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keberagamaan dan kebangsaan.

“Panorama Islam Indonesia yang Rahmatan lil’alamin diukir dan dilestarikan oleh kaum santri yang cinta damai.” tegas Gus Shiva’ul Haq.

Tidak kurang dari seratus peserta hikmat mengikuti acara ini dari awal hingga selesai. Mereka berasal dari 13 desa di kecamatan Trangkil yang aktif dalam organisasi kepelajaran Ipnu Ippnu.

Acara yang dimulai dari seminar bersama para narasumber dan diakhiri dengan lomba pembacaan puisi oleh para perta ini berjalan dengan lancar.

***TRM****

2 thoughts on “Gus Shiva’ul Haq “Panorama Islam Indonesia Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Diukir Dan Dilestarikan Oleh Kaum Santri Yang Cinta Damai”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.